Selasa, 04 Juni 2013

STRATEGI PROMOSI JASA


Wiwik fikriyah (10510078)
BAB VIII
STRATEGI PROMOSI JASA
Promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan juga sebagai alat memengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Hal ini dilakukan dengan menggunakan alat-alat promosi. Perangkat promosi mencakup aktivitas periklanan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), pemasaran langsung (direct marketing), informasi dari mulut ke mulut (word of mouth).
 Advertising (Periklanan)
Iklan merupakan media promosi yang paling banyak digunakan bagi pemasar. Melalui media iklan seperti iklan cetak, koran, majalah, brosur, selebaran, papan reklame dan sebagainya. Warung Goceng mampu menarik banyak pelanggan, karena iklan memiliki keunggulan cepat dalam menyebarkan informasi dan kemampuan iklan untuk diingat dalam waktu singkat.  
 Personal selling (penjualan personal)
Komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk. Metode ini lebih sering digunakan oleh Warung Goceng pada saat melakukan event-event, seperti pada saat pelayan memberikan penjelasan apa saja yang dilayani dan apa yang tersedia di warung makan ketika konsumen sedang memilih pesanan makanan. 
 Sales promotion (promosi penjualan)
Promosi penjualan berupa promosi cuma-cuma tentang menu makanan apa yang baru yang ada di Warung Goceng. Kemudian untuk pelanggan juga kami berikan gratis sambal sesuai permintaan pelanggan, supaya pelanggan puas. Karena kalau makan tanpa sambal itu ibarat makan sayur tanpa garam, jadi hambar rasanya. 
 Public relation (hubungan masyarakat)
Warung Goceng selalu berusaha supaya produknya bisa di terima oleh masyarakat dengan baik. Untuk itu Warung Goceng tiap kali ada produk baru yang di lounching, Warung Goceng minimal mengundang artis atau bisa juga mengundang band yang sudah ada. Di samping itu, kami juga mengundang bebrapa masyarakat yang ada di sekitar untuk mengikuti lounching produk tersebut dan makan bersama menu yang baru tersebut. 
 Direct marketing (pemasaran langsung)
Pemasaran langsung merupakan unsur terakhir dalam bauran komunikasi pemasaran dan promosi. Terdapat enam area dari pemasaran langsung, yaitu: direct mail, mail order, direct response, direct selling, telemarketing, dan digital marketing.  
 Word Of Mouth (informasi dari mulut ke mulut), strategi ini sangat berpengaruh dalam mempromosikan produk atau jasa dimana strategi ini tidak mengeluarkan biaya tambahan hanya mengutamakan kualitas yang baik maka promosi akan berjalan dengan lancar, jadi strategi ini harus benar-benar berhati-hati dalam melayani pelanggan karena apabila pelanggan merasakan ketidak nyamanan maka bisa jadi pelanggan tersebut akan mengungkapkan ketidaknyaman pada pelanggan ataupun calon pelanggan yang lain dimana hal tersebut akan menjadi patok ular yang akan cepat menyebar dan akan mengakibatkan penurunan konsumsi dan tentunya merugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar