Kamis, 06 Juni 2013

LINGKUNGAN FISIK (PHYSICAL ENVIRONMENT)


BAB XI
LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)

Physical environment merupakan suatu hal yang secara nyata turut mempengaruhi kepuasan konsumen, untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Unsur-unsur yang termasuk di dalam Physical environment:
1.      Lingkungan Fisik, bentuk fisik dari perusahaan kami adalah sebuah bangunan yang terbuat dari bambu yang bernuansa jawa yang berbentuk seperti panggung-panggung kecil yang di bawah dan sampingnya di beri kolam ikan.
2.      Lingkungan Eksterior merupakan lingkungan atau penampilan luar dari sebuah perusahaan yang dapat menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu dalam mendesain bagian luar perusahaan harus memperhatikan seperti :
-          Desain eksterior, eksterior selalu dikaitkan dengan seni atau keindahan.
-          Area parkir, Warung Goceng juga menyediakan tempat parkir yang luas di halaman depan Warung yang gratis dan aman, karena ada penjaga parkir sendiri.
3.      Lingkungan Interior, merupakan penampilan di dalam sebuah perusahaan. Dalam merancang lingkungan interior harus dapat menampilkan suasana yang nyaman dan aman bagi pelanggan.
-          Peralatan, Warung Goceng dalam proses produksi peralatan dan bahan-bahan yang di gunakan harus selalu bersih dan steril dari kuman, supaya tetap terjaga kebersihannya. Dan untuk karyawan Warung Goceng, mereka menggunakan seragam yang sama antara atasan dan bawahan. Jadi tidak ada perbedaan antara seragam bawahan dan atasan, baik itu juru masak, penjaga parkir, customer servis semua memakai seragam yang sama.
-          Tata ruang, untuk tata ruang pada Warung Goceng tampak dari depan Warung yaitu tempat kasir dan tempat parkir, kemudian kolan kecil-kecil yang ada ikannya banyak. Setelah itu baru bangunan panggung-panggung kecil dan taman kecil-kecilan serta di sampingnya juga ada kolam ikan lagi.
Disamping itu, kami juga menyediakan beberapa tempat seperti dapur, kasir, mushola, toilet dan tidak lupa dengan tempat parkir. Untuk tempat parkir sendiri kami menyediakannya di depan tempat kasir dan ada pembatasnya pagar, jadi tempat parkir kami masih termasuk di dalam warung yang letaknya di bagian depan, dan ada juga tukang parkir yang jadi karyawan kami dan di jamin aman. Jadi untuk biaya parkir sendiri kami tidak memungutnya dari pelanggan yang datang. Tempat parkir kami menyediakannya luas dan nyaman, jadi tidak hanya sepeda motor saja yang bisa parkir tetapi kami juga menyediakan tempat parkir bagi pelanggan pengguna mobil.
Penempatan kasir sendiri juga kami tempatkan di paling depan warung yang bersebelahan dengan tempat parkir, hal ini untuk memudahkan pelanggan saat pembayaran. Karena pelanggan tidak bingung ketika mencari tempat dimana mereka akan membeyer setelah makan, karena ketika pelanggan masuk ke warung tempat yang mereka lihat pertama kali adalah tempat kasir.  
Di tempat kasir kami juga memutar musik/ lagu-lagu yang bagus, akan tetapi suaranya kami keraskan sedikit supaya terdengar di seluruh lingkungan warung dan bisa di dengarkan oleh pelanggan yang makan, supaya pelanggan merasa nyaman dan tidak sepi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar