Selasa, 04 Juni 2013

MENENTUKAN SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING PEMASARAN PRODUK


BAB IV 
MENENTUKAN SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING PEMASARAN PRODUK 
1. Segmentasi
Ø Geografis 
Tempat dimana saya tinggal yaitu Kota Sragen. Tepatnya di daerah sekitar kodim militer dan dekat dengan sekolahan yanga ada di kota Sragen.
Ø Demografis
Anggota militer kodim, anak sekolah, keluarga yang tidak ada waktu untuk memasak sendiri, dan melayani acara syukuran, dan atau sekedar makan bersama, acara reunian. 
Ø Psikografis 
Untuk kalangan menengah ke bawah. 
Ø Perilaku
Bersih, bergizi, menyehatkan, dan halal. 
2. Targeting 
Dalam menentukan target produk, saya menjual makanan untuk makan pagi/sarapan, makan siang dan untuk makan sore, karena malam setelah habis maghrib kami sudah tutup. Dan untuk target pelanggan saya adalah pelanggan yang tidak punya waktu banyak untuk memasak, konsumen yang tidak mempunyai waktu untuk makan di rumahnya sendiri dan kemungkinan bosan dengan makanan di rumah. Jadi untuk keluarga atau ibu rumah tangga yang sibuk adalah pelanggan yang sangat cocok dengan produk saya. 
3. Positioning Produk
Untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan terhadap produk kita adalah pekerjaan yang sangatlah sulit bagi seorang pemasar. Disini dalam membentuk dan menumbuhkan rasa senang di hati pelanggan saya mencoba memberikan pelayanan yang memuaskan dan terbaik kepada pelanggan. Di sisi lain supaya pelanggan itu selalu mengingat produk saya sehingga pelanggan menjatuhkan pilihannya pada produk saya daripada produk makanan yang lain, mungkin dengan mendesain tempat agar pelanggan merasa nyaman saat makan, dan menciptakan rasa yang khas pada masakan kami. Dan juga memberikan pelayanan yang beda dengan warung lain supaya pelanggan itu merasa senang dan puas terhadap pelayanan yang kami berikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar