Kamis, 06 Juni 2013

STRATEGI PENETAPAN HARGA


BAB VII
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Untuk menetapkan harga ada beberapa metode yang dapat digunakan, diantaranya adalah:
Metode penetapan harga berbasis permintaan.
Permintaan konsumen akan sebuah produk makanan itu sangat bermacam-macam, dan berbeda-beda tiap pelanggan sesuai dengan selera masing-masing. Begitu juga dengan makanan yang akan mereka makan untuk kebutuhan sehari-hari pasti juga akan berbeda, sehingga pelanggan akan memutuskan untuk membeli atau tidak pada suatu produk. Dengan menyediakan makanan yang bermacam-macam yang sesuai permintaan konsumen, maka konsumen akan menentukan pilihannya sendiri ketika akan membeli makanan tersebut. 
Dengan demikian dalam menentukan harga berbasis permintaan, kami menggunakan metode price lining pricing. Karena disini produk kami adalah makanan dan untuk setiap jenis makanan itu juga berbeda-beda harganya mulai dari harga lima ribu sampai dengan harga dua puluh ribu. Untuk makanan yang kami tawarkan dengan harga lima ribu yaitu seperti:
Jenis makanan
Harga
Bubur ayam spesial
5000
Nasi kucing
5000
Lontong sayur balap
5000
Nasi pecel
5000

Kemudian kami juga menawarkan beberapa makanan yang lain yang harganya juga tentu berbeda dengan lima ribuan, seperti:
Jenis makanan
Harga
Paketan
Harga
Nasi putih
3000
Paket 1: (nasi+ayam goreng+es teh)
9000
Ayam bakar “GEBANG
8000
Ayam goreng “GEBANG”
7000
Paket 2: (nasi+sate ayam/kambing+es jeruk)
10.000/11.000
Sate ayam
7000
Ikan laut
6000


Sate kambing
8000


Menu minuman yang kami tawarkan diantaranya seperti:
Minuman
Harga
Es teh
2000
Es jeruk
2500
Es buah “GEBANG”
4000
Bermacam-macan jus
4000/5000

Dengan harga yang bervariasi dan bermacam-macam makanan mulai dari yang murah sampai yang mahal, maka hal ini akan memudahkan dalam pengambilan keputusan bagi konsumen untuk membeli dengan harga yang sesuai kemampuan keuangan mereka.
Untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi kami tidak akan menjual makanan yang terlalu mahal, sehingga konsumen merasa terlalu mahal. Karena tidak sedikir orang yang memilih usaha warung makan ini, maka kami juga menentukan harga makanan ini standar kemampuan konsumen. Konsumen yang sadar maka akan mengeluarkan uang lebih untuk merasakan kepuasan dan mendapatkan makanan yang enak dan terjamin.
Persaingan usaha warung makan yang demikian banyak, dalam menetapkan harga produk, kami tidak memberikan harga yang terlalu mahal untuk produk kami. Karena sasaran kami adalah kalangan menengah ke bawah dimana mereka mempunyai daya beli dan daya konsumsi sesuai kemampuan ekonomi. Maka harga yang kami tawarkanpun juga dapat dijangkau oleh pelanggan. Dengan harga yang terjangkau tetapi kami selalu memberikan cita rasa yang tinggi pada makanan kami, bukan berarti dengan harga murah kami akan memberikan pelayanan yang bisa membuat pelanggan tidak puas dan akhirnya menjatuhkan pilihan produknya pada produk yang lain. Karena disini yang kami utamakan adalah bagaimana menciptakan pelanggan itu bisa meresa puas pada produk kami dengan harga yang tidak terlalu mahal, tetapi mereka mendapatkan kenyamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar